Menteri Informasi Nigeria Lai Mohammed (foto: Instagram/@hmiclaimochammed).

TANI.TV – Nigeria mengumumkan menangguhkan akses ke Twitter untuk waktu yang tidak terbatas, dua hari setelah platform tersebut memblokir sementara akun Presiden Muhammadu Buhari.

Menteri Informasi Nigeria, Lai Mohammed, mengatakan penangguhan ini karena “penggunaan terus-menerus platform untuk aktivitas yang bisa merusak keberadaan perusahaan Nigeria”.

Dilansir dari Routers, Minggu (06/6/21), pemerintah Nigeria belum menjelaskan lebih lanjut mengenai blokir Twitter ini, namun salah seorang pegawai kementerian tersebut menyatakan “kita lihat saja bagaimana nanti”.

Situs Twitter tidak bisa diakses di negara tersebut sejak Sabtu waktu setempat, jika menggunakan layanan dari sejumlah operator seluler, menurut uji coba Reuters di lagos dan Abuja.

Sementara Twitter, ketika dikonfirmasi mengenai masalah ini, menyatakan sedang menyelidiki. Pada Rabu (2/6), Twitter menghapus cuitan Presiden Buhari karena melanggar kebijakan mereka tentang konten kekerasan.

Sang presiden mencuit ancaman menghukum kelompok yang dituduh menyerang bangunan pemerintah.

Setelah cuitan tersebut diturunkan Twitter, sesuai dengan kebijakan platform tersebut, akun Presiden Buhari ditangguhkan selama 12 jam.

Menteri Informasi Lai Mohammed pada April lalu marah karena Twitter memilih Ghana, negara tetangga mereka, untuk kantor pertama Twitter di Afrika.

Mohammed berpendapat Twitter terpengaruh pemberitaan yang keliru tentang Nigeria, salah satunya soal laporan tindakan keras terhadap aksi protes tahun lalu.

Demonstran yang pro reformasi polisi di Nigeria menggunakan media sosial untuk menyelenggarakan aksi, menggalang dana dan mengunggah bukti kekerasan yang dilakukan polisi. (ud/ed).

LEAVE A REPLY