#InspirasiSabtu TANITV

Rumput laut menjadi salah satu komoditi ekspor yang memiliki pasar luas. Indonesia sendiri memiliki garis pantai terpanjang di dunia, sehingga ini menjadi peluang besar untuk dioptimalkan.

Salah satunya Agung Setio Budi memaksimalkan potensi ini dengan mengolah rumput laut jenis sargassum. Agung merupakan ekportir rumput laut pemilik CV. Agung Bangun Pangan Nusantara, dalam kegiatan usahanya ia melibatkan sekitar 3000 petani di pesisir pantai Sumatera dan Jawa.

Hingga saat ini Agung sudah mengekpor ke Cina dan Jepang dan untuk memenuhi permintaan ia harus mengumpulkan bahan baku 500 hingga 1000 ton.

“Sargassum ini sering dianggap sampah, padahal jika kita tahu pasarnya dan mampu mengelolanya maka akan menjadi produk ekspor benilai tinggi” (Agung Setio Budi)

Sangat menginspirasi, potensi ekonomi yang luar biasa. 👍🏻👍🏻😊 Semoga lebih banyak lagi milenial mengikuti kiprah sukses Agung Setio Budi, dalam mengoptimalkan potensi nusantara sehingga terwujud kemandirian ekonomi nasional 🇮🇩🇮🇩

Simak cerita selengkapnya pada WEBINAR INSPIRASI BISNIS INTANI #2 TIPS & TRIK PRODUK PERTANIAN DAN PERIKANAN TEMBUS PASAR EKSPOR

LEAVE A REPLY