#InspirasiSabtu TANITV

Sektor pertanian menjadi salah sumber kekuatan ekonomi nasional. Hal ini pun yang diyakini Kyai Salman Aljabali, pimpinan Ponpes Al-Kirom dalam mengembangkan pesantrennya.

Untuk menjadikan Ponpes Al-Kirom menjadi pesantren yang mandiri, ia fokus mengembangkan pertanian hortikultura yang dikelola para santri dan masyarakat sekitar. Mulai ditahun 2015 dengan luas lahan kurang lebih seribu meter, pada tahun 2019 lahan yang dikelola sudah mencapai 4,5 hektar.

Hasil pertanian 100% dikelola untuk pengembangan pesantren dan mensejahterakan santri, pengurus hingga masyarakat sekitar. Sehingga operasional pesantren tidak tergantung pada bantuan dari pihak mana pun.

“Pernah kita panen besar cabai hingga 300 juta rupiah, dengan modal 22 juta rupiah. Dari sana kita bisa bangun gedung pesantren 2 lantai dan para santri yang saat itu sedang libur kami bekali 1,5 juta rupiah. Jadi alhamdulillah, pulang dari pesantren tidak sekedar bawa ilmu agama tetapi juga pengetahuan bertani dan uang juga ,” (Kyai Salman Aljabali)

Luar biasa.. Sangat menginspirasi.. 👍🏻👍🏻😊

Semoga lebih banyak institusi pendidikan di Indonesia, tidak hanya pesantren yang mengikuti jejak sukses Kyai Salman Aljabali dalam membangun kemandirian pendidikan dan ekonomi nasional.

Simak video selengkapnya pada WEBINAR INSPIRASI BISNIS INTANI #5 PENGEMBANGAN PESANTREN PERTANIAN HORTIKULTURA

Info selengkapnya silahkan hubungi INTANI:
– 0888 163 8000
– sekretariatintani@gmail.com

LEAVE A REPLY